Apa itu Floor Hardener

Floor Hardener merupakan material bentuk bubuk (powder) yang ditaburkan pada beton basah dan kemudian dilakukan finishing dengan menggunakan mesin trowel, sehingga akan menghasilkan permukan yang lebih keras, tetapi rata dan halus serta mudah dibersihkan. Floor Hardener berguna untuk meningkatkan kekerasan beton, kemampuan ketahanan abrasi dan meminimalkan debu pada permukaan lantai beton.

Floor Hardener biasa digunakan pada lantai garasi, area parkir, area pergudangan, area pabrik / industri, dan area-area yang membutuhkan lalu lintas. Konsumsi kebutuhan material Floor Hardener disesuaikan dengan kondisi lalu lintas yang ada dapat diuraikan sebagai berikut :



  • Untuk kebutuhan lalu lintas rendah (misal: garasi dan gudang kecil) konsumsi 3 kg/m2.
  • Untuk kebutuhan lalu lintas menengah (misal: lantai area pabrik dan area parkir) konsumsi 5 kg/m2.
  • Untuk kebutuhan lalu lintas tinggi (misal : lantai pabrik yang mennggunakan alat berat) konsumsi 7 kg/m2.

Floor Hardener bentuk bubuk (powder) harus diaplikasikan pada beton basah, kadang hal tersebut menjadi kendala. Misal area cor beton tersebut mempunyai lalu lintas yang tinggi selama proyek berlangsung, jika langsung diaplikasikan Floor Hardener, maka lantai tersebut akan dilalui lalu lintas kendaraan, padahal idealnya aplikasi Floor Hardener itu sebaiknya dilalui setelah akhir proyek tersebut. 





9 comments:

  1. Hallo boss,

    Mau bertanya sedikit,
    Apakah penggunaan hardener di lokasi pabrik, yg digunakan untuk lintas alat berat excavator PC 200, tidak menyebabkan lantai pecah pecah ?
    Dan penggunaan dengan alat Loader untuk mengambil material (metode menggerus lantai) tidak membuat lantai pecah ?
    kedua pertanyaan diatas digunakan rutin dipabrik saya, tp lantai tetap pecah pecah,

    Terus kira kira penggunaan metode apa yg bisa memperbaiki permukaan lantai yg pecah pecah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga Boss...

      Penggunaan hardener pada lantai dapat meminimalisasi terjadinya lantai pecah, selama mutu beton dan dosis hardener yang digunakan disesuaikan dengan beban yang menggunakannya/melintasinya.
      Solusi untuk memperbaiki permukaan lantai yang pecah, jika menggunakan hardener, lantai harus di screed (penebalan beton) terlebih dahulu, setelah itu di hardener.

      Mungkin rekan2 yang lain ada yang mau menambah/memberi masukan ?

      Delete
  2. Floor hardener berguna untuk meningkatkan kekerasan beton, memiliki ketahanan lebih terhadap abrasi dan meminimalkan timbulnya partikel debu akibat gesekan pada permukaan lantai beton http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html

    ReplyDelete
  3. sangat bermnfaat dan nambah pengetahuan

    Nusantara Cleaning adalah jasa cleaning service di bandung yang melayani jasa cleaning service, jasa poles martmer, jasa poles granit, jasa poles teraso, jasa cleaning service rumah, jasa cleaning service apartemen, jasa pembersihan gedung.

    Nusantara Cleaning
    http://www.nusantaracleaning.com

    ReplyDelete
  4. Halo mas Bro,
    Rencana bulan juli Insha Allah saya mau renov rumah. Untuk pembuatan lantai semen seperti di supermarket Giant dll dengan luasan sekita 70m2 hingga finishing berapa biaya yang dibutuhkan? Sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
  5. Halo mas Bro,
    Rencana bulan juli Insha Allah saya mau renov rumah. Untuk pembuatan lantai semen seperti di supermarket Giant dll dengan luasan sekita 70m2 hingga finishing berapa biaya yang dibutuhkan? Sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
  6. Apakah floor hardener bisa dilakukan di atas finishhing island ?

    ReplyDelete
  7. Apakah floor hardener dapat dilakukan di atas finishing island ?

    ReplyDelete